Minggu, 26 November 2023

Tugas dan Fungsi Kepala Lab, Teknisi dan Laboran

 

PROKER & TUPOKSI Kepala Lab, Laboran, dan Teknisi

(Laboratorium Komputer) 

 

PROGRAM KERJA LABORATORIUM KOMPUTER SMK YANIKMA

A.    LATAR BELAKANG

Memasuki era informasi yang berkembang dan akan terus berkembang. Informasi menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, semua kalangan baik itu instansi pemerintah maupun swasta bahkan semua negara. Karena salah satu indikator kemajuan sebuah negara adalah diukur dari penguasaan mereka terhadap teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Teknologi informasi dan komunikasi yang dalam hal ini sering kita sebut komputer akan terus berkembang dengan pesat. Sudah banyak kita lihat dan dengar bahwa semua bidang sudah menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia. Diberbagai bidang kehidupan baik, perdagangan, perkantoran, militer, pendidikan dan lainnya rasanya tak ada yang tidak bersinggungan dengan teknologi komputer bahkan dalam kehidupan rumah tangga kehadiran teknologi komputer sangat diperlukan. Intinya bidang dan profesi apapun akan sangat membutuhkan bantuan komputer.

Untuk menyiapkan peserta didik mampu menguasai teknologi dan informasi dibutuhkan sarana pendidikan yang memadai, karena sarana pendidikan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran karena sarana pendidikan yang lengkap dan bermutu menyebabkan pembelajaran akan semakin baik dan berkualitas. Hal itu akan berakibat meningkatnya daya serap siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan.

Dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 bab VII pasal 42 ayat 2 mengemukakan bahwa: Setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana pendidikan yang meliputi lahan ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi dan ruang/tempat lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkalanjutan.

Sebagai salah satu sarana pendidikan, laboratorium komputer mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan sebab keberadaannya menjadi sarana vital bagi siswa untuk mengaplikasikan teori yang mereka terima sehingga siswa akan lebih terampil dalam menguasai teknologi yang akan mereka perlukan dalam menghadapi perubahan zaman yang semakin dinamis dan kompetitif.


B.     DASAR HUKUM

1.   Undang-undang nomor  20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.   Peraturan Pemerintah nomor 25  tahun 2000  tentang Program Pengembangan Pendidikan Nasional tahun 2000-2004.
3.  Permendiknas RI nomor 19 tahun 2007 tanggal 23 Mei 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
4.  Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 bab VII pasal 42 ayat 2 tentang Standar Sarana Prasarana
5.   Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001 tentang Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan


C.    TUJUAN

1.     Tujuan Umum

Secara umum penggunaan alat laboratorium Komputer berfungsi sebagai salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan penciptaan operasi yang efektif dalam membimbing dan mendorong serta membantu peserta didik dalam penyelenggarakan pendidikan yang lebih bermutu dan ketercapaian lulusan yang bermutu pula.


2.     Tujuan Khusus

a. Memberikan layanan kepada siswa sehingga mampu menguasai teori sekaligus terampil mengaplikasikan komputer.
b.   Membantu guru untuk mengenalkan peralatan canggih serta  cara mengoperasikannya.
c.   Membantu siswa untuk mampu mengaplikasikan teori  yang diterima serta dapat mengembangkan kreasi dan imajinnya.
d.  Laboratorium komputer diharapkan menjadi tempat atau sarana yang melayani dan memfasilitasi para siswa dan guru untuk menggali literatur-literatur melalui jaringan internet dan Digital Library yang telah dikembangkan di laboratorium komputer. Dengan adanya Digital Library ini, laboratorium komputer ini diharapkan bisa menjadi sarana kajian, penelitian dan belajar mandiri bagi siswa dan guru melalui koleksi-koleksi digital yang ada, seperti buku elektronik, jurnal elektronik, software pendidikan, video edukasi, audio, dan lain sebagainya.
e.  Dengan menggunakan laboratorium komputer dapat memberi sumbangan bagi pendidikan secara umum dengan cara memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang sangat diperlukan yang berpusat pada situasi kehidupan nyata. 

D.    BENTUK PROGRAM

No.
Bentuk Program
Target
Waktu
1
Penataan Administrasi laboratorium komputer
Administrasi laboratorium komputer tertata dengan baik
Setiap hari kerja
2
Pendataan /inventarisasi laboratorium komputer

 
Mengetahui data alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium sebagai informasi bagi sekolah dan instansi yang berkepentingan
Menyesuaikan
3
Perawatan Komputer
Semua peralatan dapat berfungsi dengan baik
Setiap hari kerja
4
Praktikum
Siswa dan guru dapat mempraktekkan teori pelajaran di kelas sehingga meningkatkan penguasaan dan keterampilan terhadap materi yang telah dipelajari
Sesuai jadwal
5
Les Komputer
Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan teknologi dan informasi
Sesuai jadwal
6
Pengenalan Internet bagi guru dan karyawan
Guru dan karyawan mengenal teknologi internet sehingga diharapkan mampu mencari informasi dan bahan pembelajaran dari internet
Menyesuaikan
7
Pelatihan pembuatan email bagi guru dan karyawan
Setiap guru dan karyawan mempunyai email dan mampu mengoperasikannya
Menyesuaikan
8
Pengelolaan web sekolah
Guru, karyawan, Siswa, dan wali murid dapat mengakses informasi kegiatan sekolah dan lainnya 
Menyesuaikan
9
Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran
Guru dapat menggunakan media pembelajaran dengan baik
Menyesuaikan



 TUGAS POKOK DAN FUNGSI  KEPALA LABORATORIUM

FUNGSI
TUGAS
1. Merencanakan kegiatan dan pengembangan laboratorium
a. Menyusun rencana pengembangan laboratorium
b. Merencanakan pengelolaan laboratorium
c. Mengembangkan sistem administrasi laboratorium
d. Menyusun Prosedue Operasi Standar (POS) kerja laboratorium
2.  Mengelola kegiatan laboratorium
a. Mengkoordinasikan kegiatan praktikum
b. Menyusub jadwal kegiatan laboratorium
c. Memantau pelaksanaan kegiatan laboratorium
d.  Mengevaluasi kegiatan laboratorium
e. Menyusun laporan kegiatan laboratorium
3. Membagi tugas teknisi dan laboran laboratorium
a. Merumuskan riancian tugas teknisi dan laboran
b. Menentukan jadwal kerja teknisi dan laboran
c. Mensupervisi teknisi dan laboran
d. Membuat laporan secara periodic
4.  Memantau sarana dan prasarana laboratorium
a.  Memantau kondisi dan keamanan bahan serta alat laboratorium
b. Memantau kondisi dan keamanan bangunan laboratorium
c. Membuat laporan bulanan dan tahunan tentang kondisi dan pemanfaatan laboratorium
5.  Mengevaluasi kerja teknisi dan laboran serta kegiatan laboratorium
a. Menilai kinerja teknisi dan laboran laboratorium
b. Menilai hasil kerja teknisi dan laboran
c.  Menilai kegiatan laboratorium
d. Mengevaluasi program laboratorium untuk perbaikan selanjutnya
6.  Menerapkan gagasan, teori, dan prinsip kegitan laboratorium
a. Mengikuti perkembangan pemikiran tentang pemanfaatan kegiatan laboratorium sebagai wahana pendidikan
b. Menerapkan hasil inovasi atau kajian laboratorium
7. Memanfaatkan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian
a.  Menyusun panduan/penuntun (manual)praktikum
b.  Merancan kegiatan laboratorium untuk pendidikan dan penelitian
c.  Melaksanakan kegiatan laboratorium untuk kepentingan pendidikan dan penelitian
d. Mempublikasikan karya tulis ilmiah hasil kajian/inovasi
8.  Menjaga kesehatan dan keselamatan kerjadi laboratorium
a. Menetapkan ketentuan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja
b. Menerapkan ketentuan mrengenai kesehatan dan keselamatan kerja
c. Menerapkan prosedur penanganan bahan berbahaya dan beracun
d. Memantau bahan berbahaya dan beracun,   serta keselamatan kerja

 
TUGAS POKOK DAN FUNGSI  TEKNISI LABORATORIUM
 
FUNGSI
TUGAS
1. Merencanakan pemanfaatan laboratorium
a.  Merencanakan kebutuhan bahan, peralatan dan suku cadang laboratorium
b.  Memanfaatkan catalog sebagai acuan dalam merencanakan bahan, peralatan dan suku cadang laboratorium
c. Membuat daftar bahan, peralatan dan suku cadang yang diperlukan laboratorium
d. Merencanakan kebutuhan bahan dan perkakas untuk perawatan dan perbaikan perlatan laboratorium
e. Merencanakan jadwal perawatan dan perbaikan peralatan laboratorium
2.  Mengatur penyimpanan bahan, peralatan,   perkakas dan suku cadang laboratorium
a. Mencatat bahan, peralatan dan fasilitas laboratorium dengan memanfaatkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
b. Mengatur tata letak bahan, peralatan dan fasilitas laboratorium
c.  Mengatur tata letak bahan, suku cadang dan perkakas untuk perawatan dan perbaikan peraltan laboratorium
3.  Menyiapkan kegiatan laboratorium
a.  Menyiapkan petunjuk penggunaan peralatan laboratorium
b.Menyiapkan paket bahan dan rangakaian peralatanyang siap pakai untuk kegiatan praktikum
c. Menyiapkan penuntun kegiatan praktikum
4. Merawat peralatan dan bahan di laboratorium
a. Mengidentifikasi kerusakan pera;atan dan bahan laboratorium
b. Memperbaiki kerusakan peralatan laboratorium
5.  Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium
a. Menjaga kesehatan diri dan lingkungan kerja
b. Menggunakan peralatan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium
c. Menangani bahan-bahan berbahaya dan beracun sesuai dengan prosedur yang berlaku
d.  Menangani limbah laboratorium sesuai dengan prosedur yang berlaku
e.  Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan

 
TUGAS POKOK DAN FUNGSI LABORAN
 
FUNGSI
TUGAS
1.  Menginventarisasi bahan praktikum
a. Mencatat bahan laboratorium
b. Mencatat bahan penggunaan laboratorium
c. Melaporkan penggunaan bahan laboratorium
2.  Mencatat kegiatan praktikum
a. Mencatat kehadiran guru dan peserta didik
b.  Mencatat penggunaan alat
c.  Mencatat penggunaan penuntun praktikum
d. Mencatat kerusakan alat
e. Melaporkan keseluruhan kegiatan praktikum secara periodic
3.  Merawat ruang laboratorium
a. Menata ruang laboratorium
b. Menjaga kebersihan ruangan laboratorium
c. Mengamankan ruang laboratorium
4. Mengelola bahan dan peralatan laboratorium
a. Mengklasifikasikan bahan dan peralatan praktikum
b. Menata bahan dan peralatan praktikum
c. Mengidentifikasi kerusakan bahan, perlatan dan fasilitas laboratorium
d. Menjaga kebersihan alat laboratorium
e. Mengamankan bahan dan peralatan laboratorium
5. Melayani kegiatan praktikum
a. Menyiapkan bahan sesuai dengan penuntun praktikum
b.Menyiapkan peralatan sesuai dengan penuntun praktikum
c. Melayani guru dan peserta didik dalam pelaksanaan praktikum
d. Menyiapkan kelengkapan pendukung praktikum (lembar kerja, lembar rekam data, dan lain-lain)
6.  Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium
a. Menjaga kesehatan diri dan lingkungan kerja
b. Menggunakan peralatan kesehatan dan keselamatan kerja di laboratorium
c. Menangani bahan bahan berbahaya dan beracun sesuai dengan prosedur yang berlaku
d. Menangani limbah laboratorium sesuai dengan prosedur yang berlaku
e. Memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan

 

0 comments:

Posting Komentar